Gedung AKA Lt. 9 Jl. Bangka Raya No. 2, Mampang Prapatan, Jakarta Selatan | +62217822987
8 Langkah Menjadi Eksportir yang Baik dan Tips Memulainya

8 Langkah Menjadi Eksportir yang Baik dan Tips Memulainya

Cara menjadi eksportir menjadi salah satu pertanyaan yang cukup menarik terutama bagi mereka yang ingin terjun dalam dunia perdagangan internasional. Eksport sendiri adalah kegiatan yang dilakukan untuk mengeluarkan barang dari daerah kepabean.

Cara Menjadi Eksportir bagi Pemula

cara menjadi eksportir bagi pemula

Bagi Anda yang tertarik menjadi seorang eksportir tentu ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Salah satunya termasuk ragam persyaratan dalam bentuk dokumen yang harus dilengkapi. Berikut ini ada beberapa syarat yang sebagai eksportir yang harus dipenuhi, yaitu :

  • Merupakan badan hukum => Bisa dalam bentuk Persero, Koperasi, Perjan, Firma, Perum, CV, atau bisa juga dalam bentuk PT.
  • Memiliki NPWP => Pastikan juga jika telah memiliki NPWP atau Nomor Wajib Pajak
  • Memiliki izin dari pemerintah => Anda juga harus memiliki salah satu izin dari pemerintah mulai dari Surat Izin Usaha Perdagangan dari Dinas Perdagangan, Surat Izin Industri dari dinas Perindustrian, atau bisa juga PMDN yang merupakan Izin Usaha Penanaman Modal dalam negeri.

Selanjutnya tentukan klasifikasi ekspor yang Anda inginkan. Apakah sebagai eksportir produsen atau eksportir yang bukan produsen.

8 Tips dan Langkah Menjadi Eksportir yang Bisa Anda Terapkan

tips menjadi seorang eksportir

Tertarik menjadi seorang eksportir yang sukses? Anda tentu harus mengerti bagaimana tips menjadi eksportir terlebih dahulu serta ketahui dampak positif dan negatif eksport. Jika sudah, Anda bisa pertimbangkan beragam tips yang berikut ini:

  1. Pastikan tahu informasi secara up to date => Tips yang pertama adalah dengan mengikuti secara up to date. Informasi menjadi hal yang penting bagi mereka yang berprofesi sebagai eksportir. Informasi penting yang harus diketahui adalah tren pasar yang ada di negara tujuan untuk ekspor Anda.
  2. Pelajari metode pembayarannya => Penting bagi Anda untuk mengetahui ragam metode pembayaran yang tepat untuk kegiatan ekspor yang dilakukan. adalah metode yang dianggap paling aman bagi kedua belah pihak yang melakukan transaksi adalah Letter of Kredit.
  3. Ikut dalam berbagai pameran => Tips yang selanjutnya adalah dengan mengikuti beragam jenis pameran secara rutin. Hal ini dilakukan untuk menambah koneksi bagi kegiatan ekspor dan import yang dilakukan. Anda bisa ikut pameran di dalam maupun luar negeri.
  4. Memiliki kemampuan berbahasa asing yang baik => Tips yang selajutnya adalah dengan memiliki kemampuan berbahasa asing yang baik. dengan bahasa Inggris yang baik, hal ini akan memudahkan komunikasi yang dilakukan antara perusahaan Anda dengan perusahaan luar yang melakukan kerjasama.
  5. Pelajari banyak hal => Kesuksesan tidak didapat dengan mudah melainkan melalui kerja keras dan kerja cerdas yang dilakukan. Selalu belajar menjadi salah satu kunci keberhasilan yang sebaiknya Anda lakukan. Pelajari banyak hal mengenai eksportir dan dengan memperhatikan hal terkecil sekalipun.
  6. Pahami tata cara perdagangan => Penting juga untuk memahami tata cara perdagangan dengan pihak luar negeri. Hal ini dilakukan agar kegiatan ekspor yang Anda lakukan berjalan lancar dan tentunya terhindar dari hal yang tidak diinginkan.
  7. Kemas barang dengan baik => Pastikan juga untuk melakukan pengemasan produk dengan baik. Hal ini dilakukan agar produk yang dikirim ke luar negergi terhindar dari kerusakan yang sebenarnya bisa dihindari. Alhasil produk juga akan lebih aman saat dikirimkan.
  8. Tambahkan asuransi jika perlu => Anda juga bisa menambahkan asuransi yang diperlukan sebagai perlindungan bagi barang yang dikirimkan.

Cara menjadi eksportir merupakan hal penting untuk dipelajari bagi Anda yang ingin berkecimpung dalam kegiatan perdagangan luar negeri. Jika tertarik, Anda juga bisa bekerja sama dengan jasa import dan eksport Pressa Cargo yang merupakan jasa import terpercaya di bidangnya.

Tinggalkan Balasan

Tutup
WhatsApp chat