Gedung AKA Lt. 9 Jl. Bangka Raya No. 2, Mampang Prapatan, Jakarta Selatan | +62217822987
Jasa Import II Forwarder Custom Clearance di Indonesia

Jasa Import II Forwarder Custom Clearance di Indonesia

Custom clearance adalah salah satu istilah yang sangat erat hubungannya dengan eksport dan import. Saat proses ini telah berjalan lancar, maka masuknya barang ke indonesia akan menjadi lebih mudah misalnya pada layanan jasa import. Maka dari itulah, bagi yang ingin mengimpor barang dari luar negeri, sebaiknya memahami betul tentang istilah tersebut.

Pengertian Custom Clearance pada Kegiatan Import

pengertian custom clereance

Custom clearance merupakan proses di bea dan cukai Indonesia. Proses ini terjadi atau berlangsung saat barang akan dikirimkan ataupun dibongkar di pelabuhan antara negara. Anda bisa pula menyebutnya dengan serangkaian proses adminstrasi dalam penyelesaian dokumen adminsitratif dan pajak. Proses ini dilakukan dalam rangka baik itu kegiatan import maupun eksport.

Bagi individu atau perseorangan yang melakukan kegiatan import, tentu harus belajar tentang proses di administrasi diatas. Maka dari itulah, banyak yang memakai jasa import untuk sekalian mengurusnya. Hal ini bisa membantu dalam mempercepat prosesnya.

Selain itu, layanan jasa import kami memastikan bahwa tidak ada kendala selama pengurusan administrasi hingga barang bisa sampai ke tempat anda.

5 Proses Penting dalam Kegiatan Pengurusan Administrasi

5 proses custom clereance

Dalam proses di atas, diperlukan lagi beberapa detail penting. Berikut ini setidaknya terdapat 5 prosedur penting untuk memastikan kelancaran proses adminstrasi di bea dan cukai :

  1. Kesiapan kedatangan barang => Dalam hal ini terkait dengan sarana pengangkut yang akan membawa barang yang dimaksud baik lewat jalur darat, laut maupun udara. Penting juga dalam pemberitahuan rencana kedatangan barang. Informasi ini diberikan kepada kepabeanan.
  2. Pengajuan dokumen berupa PIB => Inilah dokumen pemberitahuan oleh importir kepada pihak bea dan cukai tentang barang import. Proses ini berdasarkan prinsip self assessment. Di dalamnya termasuk invoice, packing list, dan dokumen lainnya.

    self assessment adalah prinsip pemenuhan kewajiban perpajakan yang mewajibkan Wajib Pajak untuk menghitung, memperhitungkan, membayar sendiri, dan melaporkan pajak yang teruang sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan perpajakan, sehingga penentuan besarnya pajak yang terutang dipercayakan kepada Wajib Pajak sendiri melalui dokumen Surat Pemberitahuan (SPT) yang disampai baik secara langsung, online, pos, maupun melalui ASP.

  3. Pemeriksaan dokumen dan fisik barang => Sebelumnya, importir telah menyerahkan PIB dan dokumen kepada petugas. Selanjutnya, petugas melakukan perekaman ke SKP impor. Lalu, diterbitkan instruksi pemeriksanaan barang. Hal ini penting dalam menetapkan klarifikasi  barang dan menentukan nilai pabean.
  4. Pembayaran pajak dan dokumen => Pajak dalam import meliputi bea masuk, cukai, denda administrasi, pajak import dan bunga. Proses pembayaran dilakukan melalui bank Devisa Persepsi maupun kantor pabean dan PT Pos Indonesia.
  5. Adanya surat perintah pengeluaran barang => Inilah produk akhir bea cukai yang dilakukan untuk mengeluarkan barang yang diimpor. Setelah itu, barang bisa dikirim ke gudang atau tempat yang diinginkan.

Proses di atas dilakukan untuk barang import. Sedangkan untuk barang eksport tentu memiliki prosedur yang berbeda. Prosesnya cukup banyak dan butuh kecermatan. Karena itulah, banyak perusahaan yang memakai jasa importir guna  membantu semua proses  di atas.

Custom Clearance di Indonesia

layanan bentuan jasa custom clereance

Istilah di atas bisa disebut juga dengan prosedur penerimaan barang impor. Dalam prosesnya dibutuhkan pembayaran pajak dan pengurusan dokumen. Pasalnya, saat ini, semua barang yang masuk ke Indonesia wajib melalui bea cukai.

Untuk mempermudah proses ini, maka anda bisa memakai jasa importir PT. Presstiasa Cargotrans Interbenua. Sebagai gambaran, inilah keuntungan yang bisa Anda peroleh :

  • Proses lebih mudah karena di-handle oleh profesional
  • Anda tinggal menerima barang agar sampai ke gudang Anda
  • Bisa mengurus berbagai barang import baik skala besar maupun kecil

Dalam memakai jasa importir, termasuk Custom clearance, maka Anda harus mengeluarkan biaya. Namun, hal ini tentunya akan sesuai dengan keuntungan yang didapat agar bisnis lebih lancar tanpa kendala di bea dan cukai.

Tinggalkan Balasan

Tutup
WhatsApp chat